2013/11/15

Configurasi FTP Server di Debian 6

1. Install terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan yaitu proftp dengan printah "apt-get install proftpd" seperti di bawah ini
2. Setelah terinstall setelah itu kita buat direktori untuk menyimpan file-file yang akan kita upload ke FTP. misalnya disini saya akan menempatkannya di direktori /home/share/ftp , dikarenakan direktori share dan ftp belum ada kita buat direktorinya. kita masuk ke direktori home "cd /home/" >> Enter kemudian "mkdir share" untuk membuat direktori share.
Selanjutnya kita masuk ke direktori share " cd share/" dan buat lagi direktori yaitu direktori ftp "mkdir ftp"
3. Setelah itu kita buat user untuk login ke FTP browser. Pertama "userdel ftp" kemudian "useradd ftp" (ftp=nama user) setelah itu buat password dengan cara "passwd ftp" kemudian masukan password sahabat blogger.

4. Setelah itu ubah permision pada  direktori FTP menjadi 777 sehingga dapat upload dan download secara bebas. Hal yang perlu di ingat kita harus berada di direktori share . nah baru kita ketikan perintah "chmod 777 ftp"
5. setelah itu kita tinggal edit file proftpd.conf dengan printah "pico /etc/proftpd/proftpd.conf
 6. Setelah itu sahabat  blogger pergi ke baris yang paling bawah dan tambahkan script di bawah ini :
<Anonymous /home/share/ftp>
User         ftp
</Anonynous>
catatan : /home/share/ftp bisa diganti jika sahabat menempatkannya di direktori yang lain. ftp nama user yang tadi dibuat.


7. Setelah itu save file tadi "CRTL+X >> Y >> Enter" . Setelah di save restart proftpd dengan cara "/etc/init.d/proftpd restart
8. Setelah di restart kita cek dengan printah "ftp localhost" >> Enter. masukan user dan password yang sudah sahabat blogger buat tadi.
9. Coba kita ketikan printah "ls" untuk melihat file apa saja yang ada di FTP server kita. maka akan terlihat kosong dikarenakan kita belum upload atau membuat file pada direktori FTP tadi. 
10. Kita coba untuk membuat file kosong di direktori FTP dengan cara "touch namafile.formatfile" misal disini saya buat beberapa file dengan extention berbeda.Catatan kita harus berada di direktori FTP pada saat membuat file.
11. kita coba cek kembali "ftp localhost" masukan user dan passwd dan coba di "ls" maka akan terlihat file yang telah kita buat tadi.

12. Nah jika tampil seperti itu maka konfigurasi yang sahabat blogger lakukan sudah sukses. Namun untuk memastikannnya kita hubungkan dengan client dan coba cek dari browser client dengan mengetikan "ftp.domainkita.net" misal disini domain saya "suhendar.net" maka ketikan "ftp.suhendar.ne" jika berhasil disana akan muncul jendela login dan file-file yang sudah kita buat.

1 komentar:

Proxy

Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

instalasi ubuntu

instalasi ubuntu
instalasi Ubuntu Lengkap

instalasi Debian_proxy_router