2013/11/13

instalasi proxy pada debian 6


Installasi ROUTER dan PROXY dengan Debian 6

Sebelumnya komputer yang akan kita gunakan sebagai router minimal meliliki 2 intefaces/LAN Card. Tutorial ini hanya sekedah untuk membatu agan sekalian dalam menghadapi UKK tingkat SMK yg memilih jurusan TIK.

Adapun ketentuan pembuatan router adalah :

Konfigurasi router

IP Internet       : 192.168.33.254/28

IP LAN           : 192.168.0.1/24

Konfigurasi Proxy

Sistem operasi : Debian 5

Port Proxy       : 3128

Cache Manager : ukk2012@sekolah.sch.id

Visible host     :http://riciradoslaw.meximas.com/

Tramsparent Proxy

Blocking          :www.facebook.com

Adapun langkah langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan router adalah sebagai berikut :

1.       Install terlebih dahulu SO Debian pada PC router

2.       Login lah sebagai Admininstrator (root)

3.       Lakukan konfigurasi pada masing interfaces dengan mengetik perintah #nano /etc/network/intefaces ketikan baris perintah seperti gambar dibawah ini kemudian simpan perubahan tersebut dengan menekan tombol CTRL+X kemudian tekan Y laluenter.
Picture
4.       Kemudian restart interfaces dengan mengetik perintah #/etc/init.d/networking restart

5.       Lalu aktifkan IP FORWARD dengan mengetik perintah #nano /etc/sysctl.conf hapus tnda # di depan net.ipv4.ip_forward=1 hasilnya seperti gambar dibawah ini kemudian simpan konfigurasi tersebut dengan menekan tombol CTRL+X kemudian tekan Y lalu enter.
Picture
6. sekarang kita lakukan instalasi paket SQUID caranya ketik #apt-get install squidjika pada saat proses instalasi muncul peringatan Do You Want to continue [Y/n]? Tekan saja tombol  lalu tekan enter tunggu hingga proses selesai.
Picture
7.       Sekarang kita kakukan konfigurasi SQUID caranya ketikan perintah #nano /etc/squid/squid.conf adapun konfigurasi yang harus dilakukan pada squid adalah :

a.       Konfigurasi Transparant Proxy caranya tekan tombol CTRL+W kemudian masukan keyword http_port 3128. Kemudian tambahkan transparent de belakanghttp_port 3128 hasilnya seperti gambar berikut
Picture
b.      Lakukan konfigurasi pada local host caranya tekan tombol CTRL+W kemudian masukan keyword to_localhost kemudian ketikan baris perintah di bawah acl to_localhost dst 127.0.0.0/8 seperti gambar berikut
Picture
c.       Aktifkan proxy caranya tekan tombol CTRL+W kemudian masukan keywordhttp_access deny all kemudian hilangkan tanda # di depan http_access deny allseperti gambar berikut
Picture
d.      tekan tombol CTRL+W pada keyboard kosongkan keyword langsung tekan enter kemudian tambahkan baris perintah diatas http_access deny all seperti gambar dibawah ini
Picture
e.   tekan tombol page down pada keyboard samapi baris paling akhir kemudian ketikan perintah seperti gambar berikut ! kemudian simpan semua konfigurasi yang tadi kita lakukan dengan menekan tombol CTRL+X kemudian tekan Y lalu enter.
Picture
8.       kita lakukan konfigurasi pada web yang akan kita block caranya ketikan perintah #nano /etc/squi/blocking kemudian ketikan alamat web yang akan kita block lihat gambar !
Picture
9.   terakhir kita lakukan konfigurasi firewall pada file rc.local caranya ketikan perintah#nano /etc/rc.local  kemudian ketikan baris perintah diatas exit0  seperti gambar berikut !
Picture
#NB jika kurang  jelas berikut adalah baris perintahnya :

iptables –t  nat  –A POSTROUTING  –j MASQUERADE

iptables –t nat  -A PREROUTING –j REDIRECT –p tcp –s 192.168.0.0/255.255.255.0 –d 0/0 --dport 80 --to-ports 3128 

1 komentar:

Proxy

Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

instalasi ubuntu

instalasi ubuntu
instalasi Ubuntu Lengkap

instalasi Debian_proxy_router